29 Maret 2021 11:03 wib

Dalam rangka menuju Word Class University, UIN Sumatera Utara berfokus kepada peningkatan jumlah mahasiswa asing  yang nantinya akan memberikan kontribusi kepada kenaikan peringkat akreditasi kampus.

Kepala Pusat Layanan Internasional (PUSLAIN) mengatakan sampai saat ini ada 114 mahasiswa asing yang belajar di UIN Sumatera Utara, mereka rata- rata berasal dari Malaysia dan Thailand. Mirisnya, tidak ada mengalami pertambahan mahasiswa asing dalam 2 tahun terakahir ini. Dari itulah Pusat Layanan Internasional mengadakan kegiatan workshop Pembuatan SOP Layanan Mahasiswa Asing sebagai langkah awal menarik minat mahasiswa asing untuk kuliah di UIN Sumatera Utara. 

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari mulai dari 22-25 Maret 2021 di Niagara Hotel Prapat dan dihadiri oleh Ketua Program Studi Ekonomi Islam Bapak Imsar, M.Si dan berbagai utusan program studi lain yang memiliki mahasiswa asing, para wakil dekan 3, KABAG, Administrasi, Kerjasama, Biro Keuangan, dan LPM. Dalam hal ini PUSLAIN mengundang narasumber Dr.Ester Nababan, M.Sc selaku Kepala Urusan Internasional (KUI) Universitas Sumatera Utara untuk berbagi materi dan pengalaman ke seluruh peserta yang hadir. 

Output kegiatan ini adalah menghasilkan 2 SOP, 1 SK dan beberapa rekomendasi yaitu SOP Rekrutment Mahasiswa Asing, SOP Pelayanan Mahasiswa Asing dan SK Pelayanan Mahasiswa Asing. SOP ini disusun atas masukan dari berbagai pihak yang kompeten di bidangnya masing-masing. Beberapa rekomendasi yang diusulkan peserta workshop dalam rangka menarik minat mahasiswa asing adalah menggratiskan biaya kuliah di UIN Sumatera Utara dan meningkatkan pelayanan baik itu sarana dan prasarana.